Ayam Hutan Hijau dan Jurus Jitu Menjinakkan

by ,

Bagi Anda pecinta unggas, pasti Anda mengenal ayam hutan hijau. Jenis ayam hutan ini yang tergolong unggas, keluarga puyuh, merak dan sepindan. Bahasa ilmiahnya dikenal dengan sebutan Gallus Varius (shaw 1798) dan dalam bahasa inggris dikenal dengan nama Green Jungle Fowl, Javan Jungle Fowl. Di Indonesia, banyak sekali yang menyukai jenis ayam tersebut, atau mungkin Anda termasuk pecinta ayam hutan.

Tetapi masih banyak diluar sana yang belum mengetahui bagaimana cara memelihara ayam hutan jenis tersebut. Jika Anda belum mengetahui atau belum paham betul bagaimana merawatnya, maka bisa jadi akan terjadi cacat akibat stres pada ayam tersebut. Maka dari itu, dibutuhkan ketelatenan dalam merawat jenis ayam hutan ini.

Sebenarnya, dalam ternak ayam hutan tidak terlalu rumit, namun tidak boleh diremehkan juga. Untuk menjinakkannya saja dibutuhkan waktu yang cukup lama. Jadi, dibutuhkan kesabaran dan waktu yang ekstra dalam melakukan pengontrolan. Ada dua jurus jitu dalam menjinakkan ayam hutan:

1. Menjauhkannya dari area yang sering dilewati oleh orang lain dapat memberikan kenyamanan bagi ayam hutan.

2. Ayam hutan hijau merupakan jenis ayam yang tergolong sensitif terhadap ancaman, sehingga tak jarang ditemukan ketika proses penjinakan, kandang-kandangnya harus ditutup menggunakan kain. Dua hal tersebut dilakukan untuk menjaga kondisi dan memberi rasa nyaman bagi ayam.

Karena ayam hutan hijau termasuk kategori burung, sewaktu waktu dalam perawatannya kurang pas atau terkejut dan stres maka naluri liarnya akan muncul melonjak-lonjak seketika hingga kepalanya akan membentur-bentur kandang bahkan sampai pecah gak peduli. Oleh karena itu kejinakan sangat perlu dilatih sejak kecil.

Menurut pengalaman dari beberapa pecinta ayam hutan, untuk melatih kejinakan maka dari kecil harus dibiasakan dengan ukuran kandang yang tidak terlalu lebar sehingga ayam akan terbiasa menjaga keutuhan bulunya yang indah. Kandang ukuran 45cm sudah cukup memadai untuk ayam umur 1-4 bulan untuk 2 ekor ayam. Pintu kandang harus diletakkan diatas, cara tersebut akan membuat ayam terlatih untuk tidak berontak saat tangan manusia masuk memberi makan. Berikan makanan kesukaanya langsung lewat tangan, agar ayam ramah dengan Anda. Itulah beberapa tips menjinakkan ayam hutan. Jika Anda penasaran, maka segeralah mencobanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *