Ciri-Ciri Bibit Sawit yang Bagus untuk Ditanam

by ,

Bagi mereka yang telah atau akan membuka lahan perkebunan tanaman kelapa sawit, mengetahui ciri-ciri bibit sawit yang bagus adalah sangat penting. Kenapa demikian? Hal ini dikarenakan untuk mendapatkan tanaman yang baik di mulai dari bibit yang baik. Bila petani memilih bibit kelapa sawit secara asal, maka dapat dipastikan hasil dari tanaman tersebut tidak akan sesuai dengan apa yang diharapkan. Apalagi mengingat sawit merupakan sumber penghasilan yang lumayan dilihat dari banyaknya permintaan dari berbagai sektor yang ada.

Bibit sawit yang bagus dapat diidentifikasi dengan mudah. Ciri-ciri bisa dilihat oleh Anda dengan kasat mata, nah apa sajakah ciri-ciri bibit sawit yang bagus itu, silahkan baca informasi dibawah ini.

Ciri-ciri Bibit Sawit yang Bagus

Bibit sawit unggul

Tanaman Kelapa Sawit

• Saat masih dalam perkecambahan, pilihlah benih yang memiliki berat setidaknya 0,8 gram dan sudah memiliki tunas. Tunas dari bibit haruslah bagus, berwarna putih bersih dan tidak bengkok. Tidak hanya itu, pastikan juga tunas masih dalam keadaan lengkap tanpa kehilangan bagian apapun. Pilihlah benih yang masa perkecambahannya di bawah 30 hari. Benih yang telah berkecambah lebih dari 30 hari akan berkurangnya kualitasnya.

• Saat bibit sudah siap tanam di polybeg, pilih bibit dengan usia paling tidak 10 bulan hingga 12 bulan. Bibit dengan usia ini memiliki usia yang ideal untuk ditanam. Bibit yang dipilih sebaiknya memiliki jumlah daun sekitar 15 hingga 17 pelepah dengan warna hijau yang sehat. Jangan memilih bibit yang terkena penyakit. Hal ini bisa dilihat dari daun yang menggulung atau daun yang tidak melebar secara sempurna. Selain itu, pastikan juga bahwa bibit yang dipilih memiliki tinggi sekitar 102 cm hingga 126 cm. Ini adalah tinggi standar untuk bibit yang baik.

Nah, itu adalah beberapa ciri-ciri bibit sawit yang bagus dan bisa Anda perhatikan untuk memaksimalkan hasil panen kebun sawit Anda. Ciri-ciri yang telah disebutkan tadi haruslah diperhatikan dengan baik agar petani sawit tidak menyesal. Bagaimana, ciri-ciri tersebut mudah untuk diidentifikasi bukan? Semoga usaha kebun sawit anda makin sukses. Demikian yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *