Tips Memilih Material Cincin Tunangan

by ,

Memilih cincin untuk acara tunangan merupakan suatu hal yang susah-susah gampang. Dan pastinya, salah satu hal terpenting yang menjadi pertimbangan dalam memilih cincin pertunagan adalah material cincin itu sendiri. Tahukah anda, bahwa saat ini sudah ada banyak sekali material logam mulia yang digunakan untuk membuat cincin. Bagi anda yang sedang mencari sebuah cincin untuk tunangan, maka simak informasi berikut ini mengenai tips memilih material cincin untuk tunangan.

Pilihan Material Cincin Tunangan

1. Emas

Material cincin tunangan yang pertama adalah emas. Emas merupakan material cincin yang sangat populer di kalangan masyarakat. Anda bisa mengukur emas dari kadar yang dimiliki. Semakin tinggi kadar yang dimiliki emas tersebut, maka semakin tinggi pula harga yang ditawarkan. Tingkat kadar emas yang paling tinggi adalah 24 karat atau biasa disebut dengan emas murni.

Namun sayangnya, emas murni atau emas 24 karat memiliki tekstur yang lunak, sehingga ketika akan dibuat perhiasan, maka akan dicampur dengan logam lain agar lebih kuat dan kokoh. Dan dampaknya terhadap tingginya kadar pada emas tersebut. Setelah menjadi perhiasan maka biasanya kadar tertinggi yang dimiliki adalah sebesar 22 karat. Emas biasanya dicampur dengan bahan palladium agar ketahanan emas tersebut akan terjaga. Nah, bagi kamu yang ingin membeli cincin tunangan berbahan emas lebih baik hati-hati. Cek kualitas toko tersebut apakah sudah berpengalaman dan tidak pernah menipu sebab banyak toko yang melakukan kecurangan dengan menawarkan harga yang murah tetapi kadar nya tidak sesuai dengan surat yang tertera.

2. Platinum

Material cincin tunangan yang kedua adalah platinum. Platinum merupakan salah satu jenis logam mulia yang berwarna putih dengan kilauan yang menawan. Platinum juga merupakan material yang paling bagus diantara material cincin lainnya. Kelebihan lain dari platinum adalah tahan lama dan kilauan yang ada juga tidak akan mudah untuk memudar.

Namun satu kekurangan dari cincin dengan material platinum ini, yaitu harganya yang cukup mahal. Namun bagi anda yang ingin memberikan cincin yang spesial untuk pasangan, maka anda bisa memilih cincin platinum sebagai solusinya. Bahan platinum mahal karena sulitnya mencari bahan ini di indonesia. Harga yang sangat tinggi pastinya mendapatkan kualitas cincin yang bagus pula.

3. Emas Putih

Material cincin tunangan yang ketiga adalah emas putih. Emas putih juga sudah cukup populer dikalangan masyarakat. Banyak paangan yang memilih cincin tunangan dengan material dasar emas putih. Namun sayangnya, harga yang ditawarkan ternyata lebih mahal dibandingkan dengan perak, namun hal tersebut tak menjadikan peminat emas putih menjadi turun. Alasannya, karena ada banyak sekali keunggulan yang dimiliki emas putih dibandingkan dengan beberapa bahan dasar perhiasan lainnya.

4. Rose Gold

Material cincin tunangan yang kempat adalah rose gold. Material cincin yang satu ini akhir-akhir ini menjadi sangat populer di kalangan masyarakat. Cincin dengan material rose gold ini memiliki keunikan tersendiri, dan anda bisa memilih cincin rose gold sebagai pilihan cincin pertunangan Anda. Warnanya yang pink membuat seseorang memilih cincin ini karena terlihat lebih feminim dan masih banyak yang belum tahu.

Nah itu adalah beberapa jenis material yang biasanya digunakan untuk membuat cincin tunangan. Anda bisa memilih salah satu dari jenis material cincin di atas dan jangan lupa untuk selalu menyesuaikan dengan budget yang anda miliki. Jangan sampai anda memaksakan kemampuan anda untuk membeli sebuah cincin tunangan, demi hanya mengejar gengsi semata, tanpa memikirkan akibatnya di kemudian hari. Sebelum membeli lebih baik pilih model cincin kawin yang Anda sukai agar sesuai dengan keinginan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *